-->
Randi

Tips dan peralatan dalam membuat water drop fotografi

Tips dan peralatan dalam membuat water drop fotografi
Sebuah foto yang menampilkan gerakan beku dari tetesan air disebut sebagai water drop fotografi atau watersplash fotografi. ini adalah salah satu obyek yang bisa anda gunakan untuk menghasilkan gambar menarik, selain tidak membutuhkan biaya yang mahal, water drop fotografi juga bisa anda lakukan dimana saja, asalkan tempat tersebut memiliki pencahayaan yang terang.

Sudah siap mempelajari cara membuat water drop fotografi atau foto dari tetesan air? Berikut peralatan serta langkah yang harus kamu lakukan.

Peralatan yang dibutuhkan dalam waterdrop fotografi
  • Tripod
  • Remote shutter
  • Wadah air (bisa cangkir)
  • Flash external (jika tidak punya maksimalkan dengan pemilihan ruangan bercahaya cukup)
  • Lensa macro (jauh lebih baik, jika tidak ada lensa kit juga sudah cukup)
  • Pipet (atau wadah lain untuk menjatuhkan air)
Setting kamera untuk membuat water drop fotografi
water drop fotografi yang kurang focus
Setelah peralatan sudah terpenuhi, lanjutkan dengan melakukan setting pada kameramu agar sesuai dengan kebutuhan watersplash fotografi. Karena kita akan membekukan gerakan jatuhnya air, maka hal yang pertama harus dilakukan adalah mengatur shutter speed pada kecepatan tinggi, dimulai dari 1/125 atau kecepatan yang lebih tinggi lagi seperti 1/800. 

Kunci dan Teknik water drop fotografi yang paling penting Cuma  satu, yaitu menyeting kamera pada high speed fotografi, dengan begitu kita bisa mengabadikan gambar bergerak dengan kecepatan tinggi. Ingat, semakin tinggi kecepatan shutter speedmu, maka akan sedikit cahaya yang masuk kedalam kamera. Maka dari itu, pilihlah area yang yang memiliki cahaya cukup atau menggunakan bantuan flash of soe.

Atur diafragma pada angka f/5.6 atau f/8. Jika meter exposure masih menunjukan under, atasi dengan menaikan ISO, namun resikonya hasil foto menjadi nois(ada bintik-bintik).

Tips membuat water drop fotografi
Hasil yang sempurna
Peralatanm sudah terpenuhi, kamera sudah terseting sesuai kebutuhan, saatnya esekusi jatuhnya air di dalam pipet menjadi sebuah gambar yangmemukau.

Pasang kamera pada tripod tepat didepan wadah cangkir yang akan menjadi jatuhnya air dari tetesan pipet. Jika pipet sulit untuk ditemkan, kamu bisa menggunakan media lain misalkan kantong plastik yang sudah dilubang sedemikian rupa untuk menjatuhkan air.

Pasang flash off soe pada area yang langsung menuju tetesan air dan bacground. Untuk bacground sendiri anda bisa menggunakan kertas, letakanya sekitar 30 centimeter dari jatuhnya air.

Matikan fitur auto focus pada lensa, dan bergantilah dengan mencari manual, karena dengan ini kita akan mendapatkan titik focus yang lebih baik dari pada auto. Setelah ini, tekan remote shutter pada saat air jatuh kedalam cangkir.

Kunci dari water drop fotografi ini adalah sabar, karena sangat sulit untuk mendapatkan moment terbaik pada saat air jatuh kedalam wadah. Selain itu dengan mencoba berkali-kali kamu juga akan tau seberapa banyak jeda yang dibtuhkan untuk mendapatkan efek letupan dari jatuhnya ir tersebut.

Berikut tips membuat water drop fotografi yang bisa kamu gunakan untuk membekukan gerakan jatuhnya air. Sudah punya foto terkait dengan water drop  fotografi? kamu bisa meninggalkan link foto di komentar yang telah disediakan.

Randi
Load comments