-->
Randi

Tips membuat toy fotografi untuk menghasilkan foto mainan yang keren

Tips membuat toy fotografi untuk menghasilkan foto mainan yang keren
Pernahkah kamu mendengar soal toy fotografi? Atau baru kali ini? Toys photography merupakan sebuah seni dalam fotografi dimana obyek yang akan kita bidik bukanlah benda hidup, namun sebuah mainan. Meskipun begitu, dalam toy fotografi kita ditantang untuk membuat mainan tersebut seolah-olah hidup, jadi imajinasi dari sang fotografer benar-benar ditantang dalam seni satu ini.

Fauzie Helmi sebagai salah satu praktisi dalam seni toys fotografi mengungkapkan bahwa ini adalah seni yang memiliki proses yang sangat menyenangkan dan unik.  Bisa dibayangkan, fotografer adalah sutradara yang akan mengarahkan mainan tersebut memerankan aktor atau atris yang telah terkonsep dalam imajinasi.

Ingin tahu bagaimana cara membuat toy fotografi yang benar-benar hidup dan penuh imajinasi? Ada baiknya kamu membaca beberapa teknik dan tips toy fotografi berikut ini sebagai panduan dalam belajar.
Toy Fotografi by Helmi Fauzie
1. Buat sebuah konsep cerita

Dalam toy fotografi kita ditantang untuk membuat mainan yang benda mati seolah-olah menjadi hidup. Selain memaksimalkan hasil foto mainan dengan teknik-teknik, langkah pertama dalam tips toy fotografi yaitu membuat sebuah cerita yang berkaitan dengan mainan tersebut. Tidak perlu pusing memikirkan cerita apa yang cocok dengan mainan kita, keluar rumah, lihat lingkungan sekitar, dan mulailah ambil cerita dari yang paling simple.

2. Gunakan lensa makro

Dalam hal ini, lensa macro sangat membantumu untuk menghasilkan gambar obyek yangkecil menjadi lebih besar dan detail. Namun jika kamu tidak memiliki lensa macro, toy fotografi dengan lensa kit juga sudah sangat baik hasilnya.

3. Bersihkan mainan kamu

Kita disini akan mengambil gambar mainan berukuran kecil menjadi tampak besar. Dengan bantuan lensa macro maka detail dari mainan tersebut sudah pasti akan nampak dengan jelas. Bersihkan mainan kamu dari debu dan juga kotoran, agar hasil yang kita peroleh bisa lebih maksimal.

4. Gunakan teknik focus stacking

Salah satu teknik toy fotografi yang sering digunakan adalah  focus stcking. Dalam fotografi, focus stacking adalah sebuah teknik dimana fotografer memfoto satu obyek dengan beberapa kali bidikan dengan tingkat focus yang berbeda-beda. Selainjutnya foto tersebut mereka proses menggunakan aplikasi editing untuk mendapatkan focus gabungan yang lebih lebar dan tajam. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu photoshop.

5. Perhatikan pencahayaan

Dalam fotografi pencahayaan memegang peranan yang sangat penting, begitu juga dengan toy fotografi. Tips membuat toy fotografi yang keren adalah memberikan komposisi cahaya yang sesuai dengan cerita yang kamu angkat.

6.  Maksimalkan dengan latar

Pemilihan latar juga tidak bisa kita abaikan, karena dengan latar yang sesuai mainan kecil dan mati tersebut akan terlihat jauh lebih hidup. Dalam hal ini kamu bisa memilih area yang cocok, bisa outdoor ataupun indoor.

Berikut beberapa tips toy fotografi untuk memciptakan sebuah foto mainan yang keren dan hidup. Aplikasi semua hal diatas untuk mendapatkan gambar yang terbaik.


Randi
Load comments