-->
Randi

Tips fotografi lanscape dengan teknik long exposure

Tips fotografi lanscape dengan teknik long exposure

Fotografi landscape atau mengambil gambar dengan obyek pemandangan adalah salah satu jenis fotografi yang disukai banyak orang. Berbeda dengan fashion fotografi yang dianjurkan menggunkan lensa dengan bukaan besar, dalam fotografi landscape kita bisa menggunakan lensa kit dan hasilnya juga sudah memuaskan.
.
Kali ini kami akan mencoba untuk memberikan tips fotografi landscape dengan teknik long exposure agar pemandangan yang akan kita foto tidak saja indah, namun juga bisa mengasilkan efek dramatis yang lebih kuat.

Tips fotografi landscape dengan teknik long exposure ini bisa anda terapakan pada sebuah obyek bergerak, seperti air sungai, air terjun, gugusan bintang, serta obyek bergerak lainya pada saat melakukan travelling. Pada saat kita mengabadikan sebuah pemandangan, maka akan lebih baik jika semua unsur yang ada disekitar kita bisa terekam dengan jelas dan detail. Dalam hal ini berati kita membutuhkan settingan kamera dengan bukaan kecil atau pada angka aperture yang tinggi. 

Jika aperture kita setting pada angka yang tinggi, maka cahaya yang masuk akan menjadi sedikit, tentu saja obyek akan menjadi gelap. Lalu apakah kita harus mengambil gambar pada siang hari yang memiliki banyak cahaya? Tidak perlu karena kita disini akan membahas fotografi landscape dengan teknik long exposure atau low speed, itu artinya sedikitnya masukan cahaya pada aperture akan digantikan dengan shutter speed yang pelan sehingga cahaya yang masuk akan tetap bagus.
.
Lupakan keinginanmu untuk mengabil gambar pada siang hari, karena dalam tips fotografi landscape dengan teknik long exposure akan lebih baik dilakukan pada pagi hari atau sore hari saat cahaya yang ada disekitar tidak terlalu banyak.

Untuk ISO, pilihlah pada tingkatan yang kecil agar ketajaman dari gambar bisa lebih jelas, dalam hal ini bisa anda pilih ISO 100 dan juga 200. Tak lupa untuk peralatan pendukung gunakan tripod dan remote shutter agar tidak ada goncangan pada kamera yang mengakibatkan gambar menjadi buram.

Jadi point penting dari fotografi landscape dengan slow speed adalah, aperture pada angka yang besar (bukaan kecil) untuk mendapatkan detail lebih jelas, shutter speed pada angka yang rendah untuk mendapatkan efek dramatis pada obyek bergerak, pengambilan gambar pada pagi atau sore hari (bisa juga siang hari,namun pastikan meter exposure bisa dalam keadaan normal) dan gunakan tripod serta remote shutter untuk menghindari goncangan kamera yang akhirnya membuat gambar menjadi blur.

Esekusi lanscape fotografi dengan teknik long exposure

Pertama silahkan cari lokasi yang memungkinkan untuk menerapkan teknik long exposure atau low speed, contohnya pantai, sungai, air terjun, atau memotret gugusan bintang (untuk gugusan bintang atau milkway akan lebih baik jika dilakukan pada area pegunungan).

Pasang remote shutter, dan letakan kamera pada tripod. Masukan semua pengaturan yang menjadi point penting pengambilan gambar lanscape dengan teknik long exposure. Jangan terfokus pada apa yang telah kami arahkan, anda bisa menggunakan pengaturan sendiri untuk mendapatkan komposisi yang pas sesuai dengan lokasi disekitar.

Namun untuk pengaturan shutter speed harus dalam keadaan yang lambat, karena kita akan membuat sebuah foto pemandangan dengan efek dramatis. Kunci mendapatkan pengaturan shutter speed yang pas yaitu menyesuaikan dengan cepatnya gerakan pada obyek. Jika obyek tersebut memiliki gerakan yang tinggi, anda bisa menggunakan shutter speed yang lebih tinggi dibandingkan dengan obyek yang memiliki gerakan lambat.

Dan maskimalkan dengan pemilihan anggle yang pas. Dalam hal ini anda tidak perlu takut memfoto dengan anggle yang berbeda dari fotografer lainya, karena dengan memfoto dari anggle yang beda, kita akan mendapatkan sebuah foto yang belum ada sebelumnya, dan tentu saja kualitasnya akan jauh lebih baik dari pada foto dengan anggle yang itu-itu saja.

Sudah siap untuk menerapkanya? Anda bisa menggunakan turorial ini untuk tips foto landscape pantai, tips foto landscape air terjun, tips foto landscape sungai, atau tempat lain yang memiliki obyek bergerak. Jika sudah berhasil, jangan lupa sharing hasil bidikan dengan meninggalkan link foto pada kolom komentar.

Artikel ini dipersembahkan oleh wipfan.com
Randi
Load comments