-->
Randi

Pahami Bagian Mendasar Dari Kamera DSLR Yang Akan Membantu Proses Belajar

Pahami Bagian Mendasar Dari Kamera DSLR Yang Akan Membantu Proses Belajar


Jika pada postingan kemarin kami lebih memfokuskan step by step dan bagaimana cara mempertajam kemahiran dalam fotografi, kali ini kami akan mencoba untuk mengulas bagian-bagian yang paling mendasar dalam kamera DSLR.

Jika anda membaca postingan kami yang sebelumnya, tentu anda sudah tahu bahwa tips pertama dalam belajar fotografi yaitu memahami tombol navigasi dan elemen lain yang ada di dalam kamera, nah postingan kali ini akan lebih menekankan pada point tersebut atau dasar-dasar dalam fotografi yang memiliki pengaruh penting dalam menghasilkan foto. Apa saja kira-kira hal dasar pada kamera DSLR tersebut, silahkan simak ulasanya dibawah ini.

1. Mengetahui pengaturan dial mode Buttom

Mode merupakan sebuah panel yang ada di kamera DSLR, dimana fungsi panel yang satu ini yaitu untuk memberitahu kamera tentang mode mana yang akan digunakan. Setiap mode memiliki fungsi yang berbeda-beda, Bisa kita lihat pada mode M yang mengharuskan seorang fotografer untuk melakukan pengaturan sendiri terhadap masukan cahaya.

Ini adalah salah satu basic dasar fotografi sebelum kita melakukan setting pada kamera terkait dengan shutter speed, aperture, dan ISO.
2. Mengetahui elemen yang menjadi masukan cahaya

Secara istilah, fotografi merupakan seni menggambar yang menggunakan cahaya sebagai elemen pembentuknya. Ini adalah sebuah istilah kata dari bahasa Yunani dimana foto merupakan cahaya dan grafi berarti menulis, dalam hal ini berarti kamera adalah alat untuk menggambar tersebut dengan memanfaatkan cahaya. Bisa kita simpulkan bahwa cahaya memiliki pengaruh yang sangat penting dalam fotografi.

Lalu bagian mana saja yang menjadikan aturan dasar fotografi dalam pembentukan cahaya, ada tiga point penting yang berkaitan dengan masukan cahaya yaitu Apperture, ISO, dan juga Shutterspeed. Ketiga hal ini harus anda pahami dan pelajari untuk mendapatkan pengaturan cahaya yang sesuai dengan kebutuhan.
3. Mengetahui fungsi Exposure meter

Exposur meter merupakan sebuah tanda yang bisa kita gunakan untuk melihat seberapa banyak cahaya yang masuk, sebelum kita tekan tombol shutter. Ada tiga istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan seberapa besar exposur, yaitu under, standar exposure, dan over.

Sebenarnya Exposure ini masih sangat berkaitan dengan tiga elemn yangkami sebuatkan diatas, yaitu shutter speed, Apperture, dan ISO. Jadi secara sederhana Exposure meter bisa kita sebut sebagai sebuah ukuran yang menjelaskan seberapa pas komposisi dari pengaturan tiga hal tersebut.

Berikut tiga hal mendasar dalam belajar fotografi bagi pemula. Ketahui fungsi dari dial mode buttom, lanjutkan dengan pengturan shutter speed, apperture,dan iso, lihat bagaimana komposisi cahaya yang sudah kita atur, dan maksimalkan dengan teknik-teknik dalam fotografi.
Jika anda memiliki pengetahuan lain yang berkaitan dengan point mendasar untuk belajar bagi pemula, bisa anda sampaikan melalui kolom komentar.
Randi
Load comments