-->
Randi

Ini Dia Cara Praktis Belajar Kamera DSLR Bagi Pemula

Ini Dia Cara Praktis Belajar Kamera DSLR Bagi Pemula


foto landscape

Sekarang ini hobi fotografi memang sedang digandrungi oleh banyak orang, khusnya mereka para remaja. Menjamurnya penghobi fotografi ini tentu tidak terlepas dari peran teknologi yang kian canggih. Sosila media adalah salah satu penyebab banyaknya orang semakin mencintai dunia fotografi, dan hal ini juga di dukung dengan banyaknya perusahaan yang mengeluarkan kamera khusus untuk pemula dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika anda salah satu orang yang sedang berusaha terjun dalam dunia fotografi, baik sekedar untuk hobi atau untuk bisnis, maka belajar adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Dan ini harus step by step, tidak bisa langsung loncat begitu saja.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sebuah tutorial atau panduan belajar kamera dslr untuk pemula agar proses belajar menjadi lebih mudah. Menggunakan panduan belajar kamera dslr yang baik dan benar ini penting untuk diketahui, karena kebanyakan pemula yang salah dalam belajar akan sangat kesulitan untuk mendapatkan bidikan gambar yang menarik, dan hal ini bisa berdampak kepada putus asa untuk berlatih dan belajar kamera. Oke langsung saja, berikut tips belajar kamera dslr untuk anda.

1. Pahami tombol navigasi dan elemen lain yang ada di kamera anda

Setelah anda sudah membeli kamera, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu setiap bagian yang ada di kamera anda. Caranya bagaimana? Yaitu dengan membaca buku panduan belajar kamera dslr yang sudah diberikan pada saat anda membeli kamera.

Kebanyakan pemula sangat malas jika disuruh untuk membaca buku panduan, mereka akan lebih senang untuk langsung mengggunakan kameranya saja. Padahal dalam belajar kamera itu tidak hanya membidik saja, sebelum hal itu ada beberapa hal yang harus kita lakukan seperti melakukan setting agar sesuai dengan 
konsep pencahayaan sekitar.

2. Fokus dalam belajar dengan apa yang sudah kamu punya

Dalam tahap ini sudah pasti anda akan mencari banyak tutorial terkait dengan kamera yang kamu miliki. Lambat laun kamu pasti akan mengerti bahwa kamera DSLR memungkinkan kita untuk menggunakan perangkat lain yang dapat memaksimalkan bidikan. Jika seorang pemula sudah stuck untuk menghasilkan foto yang menarik, biasanya mereka akan berfikir “apa harus beli perangkat tambahan ya? Misalkan lensa?”.

Abaikan ambisi tersebut, dan fokuslah untuk belajar menggunakan dan memahami sampai sejauh mana kemampuan kamera yang anda miliki, karena kamera yang sekarang ini tersedia dipasaran sudah sangat cukup untuk menghasilkan foto yang menarik, meski menggunakan lensa kit sekalipun.

Jika suatu saat anda sudah mengetahui kearah mana fotografi yang akan kamu jalankan, anda bisa membeli perangkat tambahan untuk mendukung hal tersebut.

3. Belajar peka dengan obyek disekitar

Cara belajar kamera dslr bagi pemula yang selanjutnya yaitu belajar untuk melihat sebuah obyek dari sudut pandang yang berbeda-beda. Cobalah untuk melihat anggle mana yang paling pas dengan subyek yang ada di depan anda. Ubahlah mindset anda untuk meniru apa yang sudah ada, janganpernah takut untuk berlawan dengan apa yang biasa dilakukan oleh fotografer lainya.

4. Mulailah belajar teknik fotografi

Kamera DSLR dengan level entry sekalipun sudah sangat mendung untuk diterapkan pada beberapa teknik yang ada di dalam fotografi. Beberapa teknik tersebut seperti panning, blubs, dept of field, freeze, dan juga movement. Ini adalah teknik yang berkaitan dengan perangkat kamera, selain itu masih banyak teknik yang menggabungkan kemampuan anda melihat subyek, salah satunya adalah teknik framing.

5. Jangan ragu untuk membawa kameramu kemanapun

Mudahnya belajar kamera itu bisa kita lakukan dimana saja, misalkan di pusat perbelanjaan, di jalan-jalan, tempat nongkrong, pada saat perjalanan, atau acara-acara lainya. Cobalah untu mengamati hal apapun yang ada disekitar, dan keluarkan kameramu jika merasa ada subyek yangmenari.

6. Belajarlah dari para master

Kecangihan teknologi yang ada sekarang membuat proses belajar menjadi lebih mudah, dan hal ini tidak hanya tentang fotografi saja, bahakn mencakup semua hal. Mulailah untuk mengamati apa yang biasa dilakukan oleh seorang fotografer profesional, anda bisa mengikuti akun jejeraing sosial milik fotografer lain dan amati setiap karya mereka upload. Dari hal kecil seperti ini, suatu saat kamu akan mengetahui sendiri hal-hal kecil yang membuat foto menjadi lebih menarik.

7. Bergabunglah dengan orang yang sudah terjun lebih dulu

Selalu ingat bahwa belajar kepada seorang yang sudah terjun lebih dulu jauh lebih mudah dibandingkan dengan belajar secara autodidak. Mulailah untuk mengenal komunias fotogarfi di kotamu, dan ikuti hunting yang rutin mereka lakukan.

Berikut cara belajar kamera dslr buat pemula yang praktis dan menyenangkan. Anda memiliki tips lain dalam belajar kamera DSLR? Sampaikan dengan teman yang lainya melalui  komentar.
Randi
Load comments